April 25, 2012

Termometer Digital Dengan Arduino

Membuat Termometer Digital Dengan Arduino - Setelah sebelumnya berkutat dengan LED dan PIR Sensor, kali ini saya akan melakukan percobaan Arduino dengan sensor temperatur. Sensor temperatur yang saya gunakan adalah DS18B20 waterproof, sehingga bisa juga digunakan untuk mengukur temperatur didalam air. Percobaan yang akan saya lakukan kali ini sederhana, yaitu mengukur temperatur atau suhu  ruangan dengan sensor DS18B20 dan menampilkan hasilnya di serial monitor pada aplikasi IDE Arduino. Berikut ini adalah bahan-bahan yang saya gunakan :
  • 1 buah Arduino (Saya menggunakan Uno R3),
  • 1 buah Breadboard,
  • 1 buah sensor suhu DS18B20 (Saya pakai yang waterproof)
  • 1 buah resistor 4,7 K ohm
  • Beberapa kabel jumper
Setelah menyiapkan bahan-bahan diatas, saya susun menjadi rangkaian seperti dibawah ini :
Klik gambar untuk memperbesar
Setelah rangkaian siap, langkah selanjutnya adalah mengunggah program ke Arduino, tentunya menggunakan aplikasi IDE Arduino. Programnya sendiri sudah tersedia, bisa dibuka di menu File > Examples > OneWire > DS18x20_Temperature, lalu unggah program ke Arduino dengan mengklik icon Upload.
Setelah program diunggah ke Arduino, buka serial monitor di aplikasi IDE Arduino dengan menekan kombinasi tombol Ctrl + Shift + M, maka akan tampil suhu ruangan dalam satuan derajat celcius dan fahrenheit. Contoh hasilnya seperti pada video singkat yang saya buat dibawah ini :


Percobaan ini bisa dikembangkan lebih lanjut, contohnya dengan menambahkan sebuah LCD Display untuk menampilkan suhu. Hal tersebut akan saya lakukan pada percobaan selanjutnya, dan pastinya dokumentasinya akan saya tulis di kolom Arduino dan Mikrokontroller.