December 20, 2013

Osiloskop (Kontrol dan Indikator Osiloskop)

Osiloskop merupakan salah satu alat ukur yang sangat bermanfaat dan dapat mengukur tegangan AC dan frekuensi dengan gelombang Sinus sehingga kita dapat dengan mudah melihat jumlah frekuensi dan tegangan AC tersebut. Osiloskop juga dapat digunakan untuk mengukur tegangan AC pada sebuah rangkaian elektronik.

Nah kali ini kami akan sedikit berbagi dengan anda semua yang suka dengan barang barang elektronik tentang permasalahan Bagian-bagian Osiloskop (Kontrol dan Indikator Osiloskop), dalam uraian atau artikel singkat ini kami akan sedikit berbicara permasalahan ini dengan singkat namun isinya bisa anda pahami semua, nah baiklah ini lah artikel Bagian-bagian Osiloskop (Kontrol dan Indikator Osiloskop) untuk anda baca dan anda pahami.



Bagian-bagian Osiloskop (Kontrol dan Indikator Osiloskop)

Osiloskop juga memiliki beberapa bagian penting yang mendukung kinerjanya dalam mengukur gelombang Sinus AC maupun gelombang frekuensi sehingga dapat membantu kita dalam mengukur frekuensi dan tegangan AC tersebut. Ada sekitar 22 bagian penting dari alat bernama Osiloskop ini yang bisa membantu kinerja kita dalam mengukur tegangan AC dan frekuensi dan bagian-bagian ini tentunya memiliki fungsi dan namanya masing- masing. Nah untuk kali ini saya akan menjelaskan beberapa bagian dari Osiloskop serta fungsi dari tiap bagian Osiloskop tersebut.

Baiklah tanpa memperpanjang kata lagi langsung saja anda simak berikut 22 bagian dari Osiloskop yang wajib untuk kita ketahui sebelum melakukan pengukuran tegangan AC dan frekuensi dengan menggunakan alat ini. anda bisa mendapatkan penjelasan tentang apa apa yang dimaksut dalam uraian ini di artikel artikel yang lain yang semacam ini, yang disini kami hanya menjelaskan bagian bagiannya saja.

1. POSITION
2. DC. BAL
3. INPUT
4. AC ? GND ? DC
5. VOLT/DIV
6 VARIABLE
7 MODE (CH 1, CH 2, DUAL, ADD, SUB)
8. LED PILOT LAMP
9. ILLUM
10. INTENSITY 
11. FOCUS
12. ASTIG
13. EXT-TRIG
14. SOURCE
15. SYNC
15. LEVEL
16. PULL AUTO
17 POSITION
18. SWEEP TIME /DIV
19. VARIABEL
20. CAL IV PP
21. AC VOLTAGE SELECTOR
22. INT MOD