April 23, 2012

Sekilas Arduino

Arduino merupakan sistem mikrokontroler yang relatif mudah dan cepat dipelajari dalam membuat aplikasi elektronika maupun robotika. Didalam Arduino terdapat sebuah komponen utama yaitu sebuah chip mikrokontroler dengan jenis AVR dari perusahaan Atmel.
Mikrokontroler itu sendiri adalah chip atau IC (integrated circuit) yang bertugas membaca dan memproses input dari sebuah rangkaian elektronik sehingga menghasilkan output sesuai dengan yang diinginkan. Mikrokontroler ini bisa diprogram menggunakan komputer.
Berikut adalah beberapa kelebihan dari Arduino :
  • Hardware dan Softwarenya Open Source
Dari sini kita bisa membuat tiruan board yang kompatibel dengan board Arduino tanpa harus membeli board asli buatan Itali dan kita juga tidak akan dianggap membajak selama kita tidak menggunakan trade mark “Arduino”.
  • Fasilitas chip yang cukup lengkap
Arduino menggunakan chip AVR ATmega 168/328 yang memiliki fasilitas PWM, komunikasi serial, ADC, timer, interupt, SPI dan I2C. Dengan fasilitas chip yang demikian, Arduino bisa digabungkan dengan modul atau alat lain walaupun protokol yang digunakan berbeda-beda.
  • Proses Upload tidak memerlukan chip programmer
Chip pada Arduino sudah dilengkapi dengan bootloader yang akan menangani proses upload dari komputer. Dengan begitu kita tidak memerlukan chip programmer kecuali untuk menanamkan bootloader pada chip yang masih blank.
  • Ukuran board kecil
Ukuran board Arduino yang kecil ini mudah di bawah kemana-mana atau dimasukan ke dalam saku atau tas yang kecil.
  • Koneksi menggunakan Port USB
Ini akan memudahkan kita jika menghubungkan Arduino ke PC atau laptop yang tidak memiliki port serial/paralel.
  • Bahasa pemrograman yang mudah
Bahasa pemrograman Arduino adalah bahasa C yang sudah dipermudah menggunakan fungsi-fungsi yang sederhana sehingga dapat dipelajari dengan mudah.
  • Library gratis
Library-library ini dapat di download gratis di website Arduino.
  • Pengembangan aplikasi lebih mudah
Pengembangan aplikasi ini menjadi lebih mudah karena didukung oleh bahasa yang mudah dipelajari serta adanya library dasar yang lengkap.
  • Komunitas open source yang saling mendukung
Pengembangan hardware dan software Arduino didukung oleh komunitas pencinta elektronika dan pemrograman di seluruh dunia. Tidak usah malu untuk bergabung (terkhusus bagi pemula), karena dalam komunitas ini kita akan saling berbagi dan membantu satu sama lain.

sumber : http://arduino.or.id