December 18, 2013

Komponen Elektronika beserta Fungsi dan Simbolnya

Alat-alat Elektronika tentu memiliki fungsi-fungsi tersendiri, karena pada dasarnya peralatan Eletronika itu tersusun dari beberapa komponen penting, sehingga untuk kita yang bekerja atau hanya sekedar hobby dalam bidang Elektronika ini wajib mengetahui Jenis serta fungsi dan simbol dari komponen-komponen Elektronika ini.

Kali ini kami akan berbagi dengan anda tentang Komponen Elektronika beserta Fungsi dan Simbolnya.


Jenis-jenis Komponen Elektronika beserta Fungsi dan Simbolnya

Pada zaman dulu mungkin peralatan Elektronika hanya terdiri dari beberapa komponen saja namun seiring berjalannya waktu dan zaman sehingga membuat komponen dari Elektronika ini semakin bervariasi sehingga harus membuat kita exstra belajar dan berusaha untuk bisa menghafal dan memahami masinhg- masing peralatan Elektronika tersebut.

Tetapi komponen-komponen dasar untuk pembentuk dari sebuah peralatan Elektronika seperti Resistor, Kapasitor, Transistor, Dioda, Induktor dan IC sampai saat ini masih belu berubah dan masih digunakan dan sangat penting keberadaannya dalam sebuah barang Elektronik.

Nah baiklah berikut beberapa Jenis-jenis serta fungsi dari Komponen Elektronika tersebut, silahkan disimak.

1. Resistor
Resistor atau yang lebih familiar disebut dengan Hambatan merupakan komponen yang cukup penting dalam sebuah elektronika pasif. Fungsi dari Resistor adalah untuk menghambat arus listrik yang mengalir.

2. Kapasitor.
Kapasitor atau yang biasa disebut dengan kondensator adalah sebuah komponen Elektronika pasif yang berfungsi untuk menyimpan energi dan muatan listrik untuk sementara waktu saja.

3. Induktor.
Induktor atau yang lebih sering disebut (Coil) adalah sebuah komponen Elektronika pasif yang berfungsi untuk mengatur frekuensi, filter dan juga berguna untuk alat penyambung.

4. Dioda (Diode)
Dioda adalah komponen Elektronika Aktif yang berguna untuk sebagai penghantar arus listrik ke satu arah dan menghambat aliran arus listrik dari arah sebaliknya.

5. Transistor.
Transistor adalah komponen elektronika aktif yang memiliki banyak sekali fungsi dan merupakan sebuah komponen yang memegang banyak sekali peranan dalam peralatan elektronika.

6. IC (Integrated Circuit).
IC (Integrated Circuit) adalah sebuah komponen elektronika aktif yang yang terdiri dari gabungan transistor, resistor dan komponen lainnya yang berjumlah ratusan, ribuan bahkan jutaan banyaknya.

7. Saklar.
Saklar ini pasti sudah sangat familiar dengan elektronika dan listrik yaitu untuk menghidup dan matikan arus yang berjalan pada sebuah alat elektronika.

Sumber :www. hoo-tronik.com